Transjakarta-CSIRT akan membantu konstituen untuk melakukan penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber di lingkungan PT Transportasi Jakarta dengan aspek-aspek manajemen insiden keamanan siber berikut :
1. Triase Insiden (Incident Triage)
a. Memastikan kebenaran insiden dan pelapor
b. Menilai dampak dan prioritas insiden
2. Koordinasi Insiden
a. Mengkoordinasikan insiden dengan konstituen
b. Menentukan kemungkinan penyebab insiden
c. Memberikan rekomendasi penanggulangan berdasarkan panduan/SOP yang dimiliki Gov-CSIRT Indonesia kepada konstituen
d. Mengkoordinasikan insiden dengan CSIRT atau pihak lain yang terkait
3. Resolusi Insiden
a. Melakukan investigasi dan analisis dampak insiden
b. Memberikan rekomendasi teknis untuk pemulihan pasca insiden
c. Memberikan rekomendasi teknis untuk memperbaiki kelemahan sistem
Aduan insiden siber dapat dikirimkan melalui email csirt@transjakarta.co.id dengan melampirkan:
- Scan kartu identitas (KTP/SIM)
- Nomor telepon dan email
- Bukti insiden berupa foto atau screenshoot, log file atau file dan informasi lainnya yang ditemukan
- Atau sesuai dengan ketentuan lain yang berlaku
Alur Aduan Insiden Siber
- Terjadi insiden siber
- Pengumpulan bukti insiden siber (screenshoot/log/ dan lainnya)
- Menghubungi Transjakarta-CSIRT melalui nomor telpon atau email
- Transjakarta-CSIRT segera menangani
- Berkoordinasi dengan BSSN